Prabowo-Gibran Tetap Unggul di Empat TPS yang PSU di Mataram

Pemilu63 Dilihat
banner 468x60

MATARAM – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, mempertahankan keunggulan mereka di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kota Mataram, Sabtu (24/2/2024).

Berdasarkan data yang dihimpun, Prabowo-Gibran berhasil meraih suara terbanyak di TPS 20 Kelurahan Mandalika, Kecamatan Sandubaya, dengan perolehan 63 suara. Disusul oleh pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 25 suara, dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan 22 suara.

banner 336x280

“Pasangan calon nomor urut 2 meraih 63 suara,” ungkap salah seorang saksi di TPS 20 Mandalika, Djarot.

Total jumlah pemilih di TPS 20 Kelurahan Mandalika mencapai 220 orang, di mana 110 orang menggunakan hak pilihnya pada PSU. Selain itu, di TPS 1 Mandalika, Kelurahan Mandalika, Prabowo-Gibran juga meraih suara terbanyak dengan selisih tipis, yakni 86 suara dibandingkan paslon Anies-Muhaimin dengan 83 suara, sementara paslon Ganjar-Mahfud hanya mendapatkan 7 suara.

Baca Juga:
Tanam 35 Ribu Bibit Kayu di HKm Lestari, Dinas LHK NTB Ajak Semua Kalangan

Di TPS 15 Sandubaya dan TPS 17 Sandubaya, Prabowo-Gibran juga berhasil memenangkan suara dengan raihan masing-masing 91 dan 70 suara, disusul oleh pasangan Anies-Muhaimin dengan 68 dan 21 suara, serta Ganjar-Mahfud yang hanya mendulang 4 dan 7 suara.

Komisioner KPU RI, Betty Epsilon Idroos, menjelaskan bahwa PSU di Kota Mataram banyak dilakukan karena adanya pemilih “siluman” yang menyalurkan hak pilihnya di luar ketentuan pada hari pemungutan suara. Hal tersebut menjadi alasan utama dalam monitoring pelaksanaan PSU di Mataram.

Baca Juga:
Gelar TOT Saksi, Bawaslu Kota Mataram Tekankan Pemahaman Saksi Pemilu

Anggota Bawaslu Kota Mataram, Bambang Suprayogi, menegaskan bahwa kurangnya pemahaman antara petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan warga menjadi faktor utama penyebab PSU di Kota Mataram. Terdapat enam titik PSU di Kota Mataram, empat di Kecamatan Sandubaya, satu di Kecamatan Mataram, dan satu di Kecamatan Selaparang.

Dengan hasil yang menunjukkan keunggulan Prabowo-Gibran di empat TPS tersebut, pasangan ini terus mengukuhkan posisinya dalam perhitungan suara di Kota Mataram.

banner 336x280