Parlemen Eropa Prihatin Setelah Tokoh Pro-Rusia Menang Pemilu di Slovakia

Kemenangan Fico dalam Pemilu di Slovakia menciptakan ketegangan dan keprihatinan di antara mitra NATO.

Dunia, Politik508 Dilihat
banner 468x60

INDOKORAN – Michal Simecka, Wakil Presiden Parlemen Eropa, telah mengungkapkan keprihatinannya setelah tokoh pendukung Presiden Rusia Vladimir Putin, Robert Fico, meraih kemenangan dalam pemilihan umum di Slovakia.

Pemilu tersebut berlangsung di negara anggota aliansi militer NATO, dan partai Fico, Direction-Social Democracy (Smer-SD), berhasil meraih suara hingga 23 persen.

banner 336x280

Simecka menyatakan, “Kami yakin ini adalah kabar buruk bagi Slovakia,” dan menambahkan bahwa berita akan menjadi lebih buruk jika Robert Fico berhasil membentuk pemerintahan.

Baca Juga:
Pengamat: Penurunan Elektabilitas Anies-Muhaimin Mengonfirmasi Ketidakcocokan Basis Massa

Setelah kemenangan dalam pemilu, Fico menyatakan kesiapannya untuk membentuk pemerintahan dan mengklaim bahwa mereka telah belajar dari pengalaman sebelumnya.

Robert Fico telah beberapa kali memimpin Slovakia sebelumnya, menjabat sebagai Perdana Menteri pada 2006 hingga 2010, dan kemudian pada 2012 hingga 2018.

Kemenangan Fico dalam pemilu memunculkan kekhawatiran terutama di kalangan negara-negara Barat, terutama terkait sikapnya terhadap Ukraina.

Selanjutnya: Fico telah menyatakan bahwa jika menjadi Perdana Menteri…

banner 336x280

Komentar